Perang Bosnia



Hai semua di siang hari yang cerah ini saya akan mengajak kalian untuk mengenang kembali memori pada tahun 1992 yang lalu. Memori tentang perang Bosnia yang sangat memilukan buat kita semua. Perang antara etnis Serbia dengan etnis Kroasia terjadi pada awal tahun 1992 akibat tidak menentunya situasi di wilayah Bosnia Herzegovina. Aksi-aksi dari pihak Kroasia terhadap pihak Serbia Bosnia Herzegovina atau sebaliknya telah mengawali perang antara etnis Serbia Bosnia dan Kroat Bosnia. Pecahnya konflik bersenjata antara pihak Serbia Bosnia dan Kroat Bosnia dimulai dari serangan pihak Kroat Bosnia, di bawah pimpinan dari golongan ekstrem kanan Kroasia, terhadap penduduk Serbia Bosnia di desa Sijekovac dekat kota Bosanski Brod (bagian utara Bosnia Herzegovina) yang menewaskan 29 orang penduduk sipil Serbia Bosnia Herzegovina, 7 orang wanita Serbia Bosnia menderita perkosaan dan 3 di antaranya dibunuh.

Peristiwa tersebut dilakukan oleh 35 orang kelompok bersenjata Garda Kroasia/pasukan Kroasia di bawah pimpinan Dobrosav Paraga, yang berakibat memicu terjadinya perang antara pihak Kroat Bosnia dengan Serbia Bosnia. Selanjutnya pertempuran antara Serbia Bosnia dengan Kroat Bosnia tidak saja terjadi di bagian utara wilayah Bosnia Herzegovina akan tetapi juga di wilayah-wilayah lainnya dimana terdapat kepentingan yang sama antara Serbia Bosnia dan Kroat Bosnia.


sejarah kelam mencatat :

Perang Bosnia adalah salah satu yang paling merusak dari akhir abad 20. Dari jumlah penduduk sekitar empat juta orang pada tahun 1992, dua juta dibuat pengungsi. Dalam tiga setengah tahun konflik, lebih dari 100.000 orang tewas. Sarajevo menderita pengepungan terpanjang dari setiap kota di zaman modern, mencakup durasi perang. Sepuluh ribu warganya tewas.



7.000 lebih warga muslim pria dan anak remaja tewas dengan cara mengerikan. seperti di bunuh, di tembak, di mutilasi dan di kubur secara massal oleh para tentara serbia.

puluhan Ribu Wanita di sana di perkosa dan dilecehkan dengan segala penyiksaan yang kejam
Perang telah ditandai dengan tindakan kekejaman yang tak terkatakan - pemerkosaan, penyiksaan, mutilasi dan pembunuhan tanpa pandang bulu.

Wahai Saudaraku sesama insan,
Siapapun Anda, apapun agama kita, apapun keyakinan kita, apapun suku kita.....
mengapa hanya karena perselisihan segelintir orang, atau hanya konflik politik maka menyebabkan perpecahan dan kebencian sepanjang masa ?

hanya karena kepentingan segelintir Manusia, seluruh rakyat menderita.
bukankah kita di ciptakan Tuhan sama di mata Tuhan, mengapa kita dipenuhi dengan kebencian.

janganlah karena perbedaan etnik membuat kita terpecah belah dan saling membunuh
janganlah karena perbedaan keyakinan maka kita saling membenci, menghina bahkan menyakiti.
Apapun agama kita, Saya meyakini dengan pasti bahwa agama pastilah selalu mengarahkan diri dan hati kita untuk melakukan perbuatan yang mulia dan melarang kita melakukan hal yang hina.




Perang Bosnia merupakan perang yang memiliki tingkat ketidakmanusiaan yang sangat tinggi. Pembantaian terhadap etnis tertentu yang meggoncangkan jiwa kita semua manusia. Jangan sampai ada lagi perang seperti ini.


Hmmm...









2 comments:

  1. Perang Bosnia adalah krisis kemanusiaan

    ReplyDelete
  2. Konflik Bosnia jangan terulang, kunjungan balasan ya ke blog saya www.goocap.com

    ReplyDelete