Sepakbola Eropa dalam bahaya pengaturan skor

Sungguh sulit dipercaya ketika sepakbola eropa yanng menjadi kiblat sepak bola dunia ternyata belum bebas dari aksi pengaturan skor . Sudah tentu semua orang mengetahui begitu besarnya kompetisi sepkbola Eropa, namun baru-baru ini Europol yang merupakan kepolisian Eropa mengungkapkan bahwa sepakbola Eropa terjangkit skandal pengaturan pertandingan.
Rob Wainwrigh yang merupakan Direktur Europol menyatakan bahwa kasus kecurangan ini bersakala besar dan belum pernah ada sebelumnya, seperti dilansir Soccernet dikabarkan pengaturan pertandingan ini melibatkan 425 offisial pertandingan, pemain dan para kriminal di 15 negara. Ia juga mengungkapkan bahwa basis dari skandal yang terorganisir ini ada di Asia yang merebak ke Eropa , setidaknya dari penelusuran ada setidaknya 380 pertandingan yang terindikasi diantaranya pertandingan Liga Champions, kualifikasi Piala Eropa dan beberapa juga di Liga top Eropa, bahkan Piala Dunia dan salah satunya pertandingan di inggris.
“aktivitas  pengaturan pertandingan pada skala yang kita belum lihat sebelumnya” Kata Wainwrigh pada konferensi pers di Den Hag pada hari Senin seperti dilansir Soccernet.
“Ini adalah karya dari sindikat kejahatan terorganisir yang diduga berbasis di Asia dan dioperasikan dengan jaringan kriminal di seluruh Eropa.”
“Hal ini jelas bagi kami bahwa ini merupakan penyelidikan terbesar yang pernah dilakukan mengenai pengaturan pertandingan yang dicurigai di Eropa.”
“Ini telah membuahkan hasil besar yang kami pikir telah menemukan sebuah masalah besar bagi integritas sepak bola di Eropa. Kami telah menemukan sebuah jaringan kriminal yang luas.”
Dikabarkan bahwa penjahat diduga mendapatkan keuntungan delapan juta euro dan dua juta euro akan diberikan pada pihak lain yang terlibat (pemain dan offisial), namun dicurigai  bahwa Inggris bukanlah satu-satunya yang terlibat, ini mencakup sepakbola Eropa. Namun ini bukanlah keputusan final, masih banyak kemungkinan yang terjadi setelah kabar ini mencuat.

No comments:

Post a Comment