Unsur-unsur Laporan Keuangan

-->
Yup, pada saat ini saya akan memberikan informasi yang mungkin akan berguna buat anda yang sedang belajar akuntansi. Yang pertama saya bagikan adalah unsur-unsur laporan keuangan.
Unsur-unsur laporan keuangan meliputi berbagai hal seperti di bawah ini:
1.   Aktiva

Aktiva adalah jumlah uang yang dinyatakan untuk sumber-sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan, yang meliputi uang. barang, dan hak-hak yang akan memberikan manfaat di masa yang akan datang, dan didapat dari transaksi–transaksi yang terjadi di masa lalu.

2.   Utang
Utang adalah jumlah uang yang dinyatakan terhadap kewajiban-kewajiban yang melekat pada perusahaan untuk menyerahkan sumber-sumber ekonomi  kepada pihak lain di masa yang akan datang.

3.   Modal
Modal adalah jumlah uang yang dinyatakan untuk sisa hak atas aktiva perusahaan setelah dikurangi dengan seluruh hutang-hutangnya. Modal merupakan hak atas aktiva perusahaan yang melekat pada para pemilik perusahaan.

4.   Pendapatan
Pendapatan merupakan jumlah kotor dari kenaikan aktiva atau penurunan hutang atau kombinasi dari keduanya. Pendpatan timbul dari aktivitas perusahaan yang mengakibatkan diperolehnya pendapatan atau laba bagi perusahaan dalam suatu periode.

5.   Biaya
Biaya adalah jumlah kotor dari penurunan aktiva atau kenaikan hutang. Biaya timbul dari kegiatan perusahaan dalam usaha perusahaan untuk mendapatkan pendapatan dalam satu periode.

6.   Laba
Laba adalah selisih lebih dari pendapatan di atas biaya dalam suatu periode, dan disebut rugi apabila terjadi kesalahan yang sebaliknya

No comments:

Post a Comment