Sepuluh langkah kebugaran pikiran

-->
Ada masalah dengan ingatan? 

Kehidupan yang serba cepat saat ini memaksa kita untuk dapat merespon dengan cepat setiap informasi agar tidak tertinggal dengan orang lain yang lebih dulu mendapatkan informasi dan bahkan lebih cepat dengan kita. Ingatan yang baik akan membuat seseorang dapat dinilai kompetitif dan dapa pula dinilai tidak memenuhi daya saing.

Sebagai pelaku di kehidupan yang modern ini sudah selayaknya kita mengetahui bagaimana membuat ingatan kita dapat terpelihara dengan baik. Ada beberapa tips dari saya yang akan sangat bermanfaat buat pengunjung blog ini.

Sepuluh langkah kebugaran pikiran yang terdiri dari :

1.   Membaca secara kritis. Bagi anda yang suka membaca, ada satu hal yang harus anda ketahui bahwa kita jangan hanya sekedar membaca saja tetapi harus dapat meneliti bahan bacaan yang dibaca. Misalnya dengan memberikan pertanyaan seperti apa yang ingin disampaikan penulis? Apakah keterkaitan antara satu bagian dengan bagian yang lain? Dan siapa saja nama-nama tokok yang ada di buku tersebut.
2.   Menggunakan tangan non dominan sesering mungkin. Tau kah anda bahwa tangan kiri anda dikendalikan oleh otak anda dan tangan kanan anda dikendalikan oleh otak kiri anda. Maka dari itu saya menyarankan agar sesering mungkin menggunakan otak kanan yang akan mengendalikan tangan kiri anda.
3.   Menulis buku harian. Siapa yang sering nulis buku harian??? Kalo menurut saya sih biasanya cewe suka banget nulis buku harian. Hal ini sangat positif loh kawan karena dengan menulis buku harian otak kita akan me-review seluruh kejadian yang terjadi pada satu hari.
4.   Mengisi teka-teki silang. Gak ada salahnya dengan orang-orang yang suka ngisi TTS diwaktu senggang. Apa sih manfaatnya? Ketika kita akan menjawab pertanyaan dari TTS , ada suatu momen yang disebut aha moment yang muncul di otak kanan yang akan membuat otak anda terlatih dengan baik.
5.   Memperluas Kosakata. Kosakata merupakan faktor penting untuk anda dalam membina hubungan anda dengan rekan dan akan memberi nilai lebih buat anda di hadapan rekan anda. Saya sarankan perbanyak kosakata apapun.
6.   Mengembangkan ingatan. Maksudnya apa tuh? Ingatan yang dikembangkan dengan melakukan permainan game kreatif akan memancing otak anda untuk mengeluarkan kemampuan kreatifnya.
7.   Bermain catur. Bukan rahasia umum lagi kalo orang yang suka bermain catur dikenal sebagai orang yang memiliki daya ingat yang luar biasa. Karena permainan catur merupakan permainan strategi yang akan membuat otak anda melakukan kombinasi untuk mengeluarkan strategi.
8.   Olahraga. Luangkan waktu anda untuk olahraga karena dengan berolahraga dapat dipastikan bahwa anda akan memilik kemampuan mengingat yang lebih baik dari sebelumnya.
9.   Memainkan alat musik. Berbagai penelitian terhadap sel-sel otak para musisi menunjukkan bahwa mereka memiliki lebih dari sepuluh ribu dendrite pada masing-masing sel. Wow luar biasa bukan?
10.     Mempelajari sebuah bahasa asing. Mempelajari bahasa asing akan melibatkan penggunaan beberapa keterampilan dan area otak, di antaranya kosakata, keterampilan pendengaran, imajinasi, membaca, dan beberapa hal lainnya.

2 comments:

  1. wah perlu di coba ni tips dari mas . thanks sangat membantu saya sering lupa jika menaruh barang jadi bisa latihan agar gak lupa!!!!

    ReplyDelete