Formulir pada sistem penggajian


Sekarang ini saya akan membahas hal yang berhubungan sama Akuntansi. Secara lebih spesifik pembahasan mengenai formulir dan dokumen yang digunakan dalam sistem penggajian.

Formulir yang digunakan dalam sistem penggajian dan pengupahan yaitu, :
1.   Dokumen pendukung perubahan gaji dan upah
Dokumen ini berupa surat-surat keputusan yang bersangkutan dengan karyawan, misalnya surat pengangkatan pegawai baru, perubahan tarif dan upah, penurunan pangkat, pemberhentian sementara dan lain sebagainya.

2.   Kartu jam hadir
Dokumen ini digunakan oleh fungsi pencatat waktu untuk mencatat jam hadir setiap karyawan di perusahaan.

3.   Kartu jam kerja
Dokumen ini digunakan untuk mencatat waktu yang dikonsumsi oleh tenaga kerja langsung pabrik guna mengerjakan pesanan tertentu.

4.   Daftar gaji dan upah
Dokumen ini berisi jumlah gaji dan upah bruto setiap karyawan dikurangi potongan-potongan berupa PPh pasal 21, utang karyawan, iuran untuk organisasi karyawan, dan lain sebagainya.

5.   Rekap daftar gaji dan upah
Dokumen ini merupakan ringkasan gaji dan upah per departemen yang dibuat berdasarkan gaji dan upah.

6.   Surat pernyataan gaji dan upah
Dokumen ini dibuat sebagai catatan bagi setiap karyawan mengenai rincian gaji dan upah yang diterima setiap karyawan beserta berbagai potongan yang menjadi beban setiap karyawan.

7.   Amplop gaji dan upah
Uang gaji dan upah karyawan diserahkan dalam amplop gaji dan upah

8.   Bukti kas keluar
Dokumen ini merupakan perintah pengeluaran uang yang dibuat oleh fungsi akuntansi kepada fungsi keuangan, berdasarkan informasi dalam daftar gaji dan upah yang diterima dari fungsi pembuat daftar gaji dan upah.

Nah itu dia penjabaran dari bahasan yang ada di atas. Bagi yang sedang belajar akuntansi penggajian, bisa menjadi referensi buat teman-teman sekalian ^_^

No comments:

Post a Comment